Sabtu, 30 Agustus 2014

Bukan Hanya Sekedar Trip Di Pulau Pari #1

Gue mau sharing pengalaman agak sarap gue dan sahabat gue yg kita mulai dari obrolan ngalor ngidul, tapi akhirnya jadi juga, di trip kali ini juga gue ketemu orang dengan background yg cukup bikin ngeri, dan juga nyawa gue dan sahabat gue nyaris melayang, tapi alhamdulillah masih dikasih umur panjang sama Tuhan.

Dimulai dari obrolan ngalor ngidul pas di sevel. Jadi pas lagi nonggkrong di sevel (berasa anak gaul haha), sahabat gue ini yang kita sebut item (no rasis!!!), dia ngomong kalo dia lagi dapet libur dan dia bingung mau ngapain, gue nyeletuk aja "tem pulau pari yok", dengan santainya dia bilang "yok, kapan jalan?". Pas gue di sevel itu ada temen-temen gue yang lain, dan gue juga ngajak yang lain, tapi karna sebagian udah pada kerja dan gak bisa cuti, sebagian lagi masih pada sibuk ngurusin kampus jadi lah cuma gue ama item yang berangkat.

Setelah melewati berbagai obrolan gue dan item yang makin ngalor ngidul akhirnya kita putusin berangkat tanggal 26 agustus 2014 dan balik tanggal 27 agustus 2014, gue emang cuma 2 hari 1 malem di pulau pari di karenakan si item tanggal 28 udah masuk.

Selasa 25 Agustus 2014
Hari senen  tanggal 25 Agustus, gue masih sibuk searching2 tentang pulau pari, mulai dari harga homestay disana, kesana naek apa, dan laen2nya. Gue cuma modal internet dan duit mepet, jadi gue dan item mutusin buat gak tinggal di homestay, tapi kita milih nyewa tenda di pulau pari karna bajet yg mepet haha. Selanjutnya gue juga searching kira2 kapal yg murah tapi enak berangkatnya dari pelabuhan mana, dan kita putusin buat berangkat dari pelabuhan kali adem dan untuk makin ngirit dana gue juga bakal nginepin motor di kali adem soalnya gue dan item berangkat jam 3 pagi dari rumah gue. Kenapa kita berangkat jam 3 pagi? alesan pertama karna takut gak kebagian kapal dan kita juga gak tau kali adem itu di sebelah mana haha. Sekitar jam 9 malem si item udah ada dirumah gue dengan posisi gue belom packing haha.

Rabu 26 Agustus 2014
Sesuai sama rencana awal, gue dan item berangkat dari rumah gue sekitar jam 3 pagi, dimana kita mulai perjalanan dengan berdoa supaya gak ada apa2 dijalan dan gue juga pamit ke emak gue pake wa, soalnya kalo gue pamit langsung jam segitu kasian emak gue dan pastinya emak gue juga udah tau kalo gue bakal ke pulau pari (walopun muka gue kayak reman tapi kalo mao ke pergi kemana-mana gue mah ijin dulu sama emak gue hehe).

Dengan modal googlemaps di hp, akhirnya trip gue kali ini dimulai dengan nyari pelabuhan kali adem di jam 3 pagi haha. Setelah melewati Jakarta dipagi buta dan gak ada macet sama sekali akhirnya gue nyampe juga di kali adem. Dari condet ke kali adem kuram lebih 1,5 jam itu juga udah pake googlemaps haha.

Begitu nyampe kali adem sekitar jam 4.30, ternyata pelabuhan masih sepi. Setelah gue parkir motor dan gue gembok motornya, akhirnya gue masuk ke arah pelabuhan, disana udah ada 2 orang cewe yg juga ternyata takut keabisan tiket, tapi bedanya mereka berdua bukan mau liburan tapi mau kkn di pulau tidung. Mungkin lu bertanya2 kenapa gue tau info tentang mereka, gue tau karna gue sempet ngobrol sama mereka dan kata si item salah satu dari mereka ngelirikin gue mulu (berasa donjuan muara angke nih hahaha). Sekitar jam 5an ada salah satu petugas dishub keluar dari goanya dan nyamperin kita, berhubung gue masih buta banget ama aturan maen kapal jadi gue mulai ngobrol2 ama si bapak dishub ini. Setelah ngobrol sana-sini sama bapak dishub yg sampe sekarang gue gak tau namanya, akhirnya gue tau cara maen dapetin tiket kapalnya. Bakal gue sharing sedikit cara dapetin tiket kapal dari pelabuhan kali adem:
1. Dateng sepagi mungkin ke pelabuhan kali adem, kalo bisa sebelom ayam berkokok soalnya kapalnya punya quota yg tebatas sob (siapa cepet, doi dapet)
2. Begitu dateng pastiin lu ngisi daftar nama, umur, butuh berapa tiket, dan tujuan lu mau ke pulau mana
3. Setelah absen lu bakal disuruh naroh tas sebagai tanda kalo lu udah absen dan ngantri, cuma tas lu doang yang di taroh, elunya bebas mau kemana asal begitu loket dibuka lu udah ada di antrian. 1 tas 1 orang, jadi kalo lu ber10, elu kudu naro 10 tas.
4. Loket dibuka sekitar jam 7an

Nah sekarang balik lagi ke cerita gue hehe, jadi setelah si item nulis nama dan gue ama item naroh tas kita yg isinya cuma onderdil aka sempak dkk doang, kita milih nyari warung kopi sambil nunggu loket buka. Oya bapak2 dishub yg tadi pagi gue introgasi, gue kasih julukan naruto. kenapa doi gue kasih nama naruto, soalnya ada orang nanya ke doi kalo ke pulau ini naek kapal yg mana dan si bapak itu jawab "kalian naek kapal ini sampe ke pulau *sensor1* trus kalian jalan kaki aja ke pulau *sensor2*", pas si bapak itu ngomong gitu, gue langsung buka google buat nyari letak pulau *sensor1* & pulau *sensor2* buat tau letaknya, pas gue liat di google ternyata 2 pulau itu kepisah ya, dan gak ada jempatan penghubung dan gue bisikin ke item "tem si bapak ternyata naruto", dan si item nanya ke gue "naruto?", gue bilang aja sambil nunjukin peta pulau *sensor1* & *sensor2* "liat aja tem, ni pulau kepisah ama laut iya kali jalan kaki, naruto aja lompat belom tentu nyampe", dengan reflek si item ngelirik ke naruto dan senyum2 busuk haha.

Lanjut lagi setelah gue dan item naroh tas di antrian. Setelah kita naroh tas, gue ama item nyari warung buat ngopi2 lucu. nah di warung ini gue ketemu sama bapak2 yg jalannya petantang-petentang dan pake kostum salah satu ormas yg udah jadi rahasia umum kalo ormas itu isinya reman. Sebenernya gue agak males ama bapak ini karna atribut ormasnya tapi karna ni bapak ngajak ngobrol duluan, jadilah gue ama item ngobrol ama bapak ini. Dari gayanya ni bapak gue udah nebak arah obrolannya, pasti gak jauh2 dari selangkangan dan politik, ternyata dugaan gue gak salah. Tapi dari bapak ini gue tau sedikit sejarah 98 dimana si bapak ini yg pada tahun segitu masih jadi reman di jakarta ternyata doi juga ikut demo dan si bapak ngaku kalo dia dapet almet salah satu kampus untuk demo dengan iming2 rupiah. Banyak yg diobrolin ama bapak ini yg intinya kalo ada cewe lewat depan dia pasti dia komen "wah ini cewe becek banget nih, kalo yg itu mah legit banget, dll" jujur aja gue ama item cuma bales seperlunya dan sok antusias ama omongan si bapak haha. satu lagi yg gak gue abis pikir dari bapak ini setelah nyeritain gimana ceritanya dia yg dulunya reman bisa jadi pns, dan juga yg bikin gue kaget si bapak ini juga cerita tujuan dia dateng ke salah satu pulau. Tujuan si bapak ini dateng kesalah satu pulau buat nagih duit dan si bapak ini juga cerita ternyata dia sekarang selain jadi pns, dia juga depkolektor. Dari cerita si bapak, ni bapak masih ada di dunia hitam karna tuntutan perut dan dia harus nyekolahin anaknya.

Kita skip dari si bapak cabul hehe. Sekitar jam 8an loket udah dibuka dan kita yg udah ngantri pake tas disuruh masuk barisan. Lu tau gue ama item jadi orang ke berapa di loket? Gue ama item jadi orang nomor 1&2 yang dapet tiket hahahaha, sumpah ini jarang banget terjadi ama gue dan item, biasanya gue ama item kalo ngatri itu pasti dapet di tengah tapi kali ini dapet di awal, rasanya seneng bukan maen hehe. Harga tiket kapal dari kali adem-pulau pari itu 42rb udah sama asuransi.

Setelah kita dapet tiket, kita disuruh ke arah dermaga, dan kita disuruh ngumpul sampe nama kita dipanggil buat masuk ke dalem kapal. Sekitar jam 8.30 kita berangkat dari kali adem ke pulau yg kita tuju dan tujuan gue ke pulau pari.

Kurang lebih 1,5jam dari kali adem, akhirnya gue nyampe di pulau pari, jangan lu tanyain gimana rasanya perjalanan di kapal, gak beda jauh lah kayak kalo lu naek kora2 di dufan. Setelah gue nyampe di dermaga pulau pari, yg pertama gue tuju adalah tempat ngaso, gue ngaso soalnya perut sama pala gue kerasa ke kocok2 gak jelas haha. Setelah gue dan item ngerasa istirahat cukup dan pala ama perut kita udah berasa sedikit normal, kita langsung lanjut jalan ke arah pantai perawan dengan gembolan kita masing2. Diawal udah gue kasih tau kalo gue milih untuk nyewa tenda dibanding nyari homestay karna alesan bajet haha. Perbandingannya gini, kalo gue nyewa homestay harga rata2nya sekitar 300-800/malem tergantung yg ac/non ac, sementara kalo gue nyewa tenda harganya sekitar 50-80/malem tergantung gimana lu negonya haha. Begitu nyampe di gapura pantai perawan, kita bakal di kenain biyaya masuk 3500/org kalo untuk maen2 di pantai perawan, dan kalo kita ngecamp, kita bakal di kenain 10rb/org selama kita ngecamp. Pas gue lagi bayar biaya buat nenda, gue tanya aja ke yg lagi jaga "mas yg nyewain tenda dimana?", eh si mas jaga tiket jawab "kalo mao nyewa tenda, sama org yg dibelakang tuh", Yaudah gue langsung samperin aja doi. Setelah nego akhirnya gue dapet tenda ukuran 3 orang dengan harga slow hehe. Buat lu yang gak bisa masang tenda tapi mau nyewa tenda, tenang aja soalnya tenda bisa minta pasangin kok. Tenda udah jadi dan gue sama si item milih ngaso2 santai di depan tenda. Sengaja gue gak mau jalan2 jauh dulu soalnya masih jetlag sob hahah.

item in action di depan tenda, padahal masih jetlag

view di samping tenda

Jetlag udah gak begitu kerasa, gue ama item berasa naga di perut udah mulai demo. Takut naga yg di perut makin anarkis, akhirnya kita jalan buat nyari warung makan. Gak jauh dari tenda gue banyak sih warung makan tapi gue nyari makan ke arah dermaga sekalian liat sikon di dermaga, ada gak orang di dermaga yg bisa di tebengin buat snorkling hehe. Deket dermaga ada 1 warung yg rame sama warga, gue samperin aja tu warung. Ternyata tu warung jual gado2 sama nasduk. Sebelom gue mesen, gue tanya dulu ama ibu2 yg jual harga nasi uduknya berapa. Gue makan nasi uduk ama tahu semur cuma 7rb sob, kalo pake telor 10rb. Yang hebat dari ini nasduk adalah porsinya luar biasa banyak dan si item makannya kgk abis, sementara gue abis makan bego seketika haha. Kelar makan dan ngobrol ama ibu2 nasduk, gue ama item sepakat kita kudu balik ke tenda karna mata udah mulai agak ngelunjak akibat gue belom tidur. kurang lebih 5 menit di dalem tenda, gue ama item tiba2 udah tidak sadarkan diri.

sepeda sewaan

view di dermaga pulau pari

Gue ketemu batman sob haha

Setelah 2 jam gue tidak sadarkan diri akibat serangan ngantuk yang tak dapat dielakan, akhirnya gue bangun di sambut dengan suara ombak dan angin yg saling beradu dan di kuping gue itu suara adalah suara yg paling gue idam2kan setelah mumet sama suara kendaraan di jakarta.

Begitu gue sama item udah sadar seratus persen akhirnya kita jalan lagi ke arah dermaga, dengan niatan mau numpang snorkling haha. Tapi emang dasar gak rejeki, gue ama item kesiangan jadi orang2 yg snorkling udah pada jalan. Gagal snorkling, gue ama item jalan lagi kearah LIPI. Kalo dibilang sih LIPI ini tempat yg cocok buat ngeliat sunset tapi berhubung masih jam 3.30 siang jadi sunset masih lama haha. Nah ada yg ajaib nih pas gue jalan dari dermaga ke LIPI. Jadi dari dermaga ke LIPI itu tenyata mayan jauh, begitu udah deket LIPI ada 1 warung kecil gitu, di warung kecil itu gue istirahat buat nyelonjorin kaki. Sembari numpang istirahat, gue numpang ngobrol ama yg punya warung. Begitu gue mau lanjut jalan lagi ke arah LIPI dari warung tadi, eh ada kucing kecil yg ngikutin gue ama item. Yang ajaib lagi, ni kucing kgk ngeong tapi suaranya kayak ngedehem. Sepanjang perjalanan gue didalem LIPI si kucing ini ngintil terus, sampe gue ngarah kearah yg gak ada org sama sekali, gue akuin sih tempat di ujung LIPI tuh bikin gue penasaran sekaligus merinding. Gue merinding soalnya gue ngeliat kyk org jalan tapi begitu gue samperin gak ada siapa2, dan yg makin bikin gue merinding tuh, kucing yg ngintilin gue dari tadi agak jaga jarak dari gue ama item dan ni kucing ngedehem makin sering. Deheman si kucing ini kyk nyuruh gue ama item cabut dari ni daerah, entah kenapa gue yg masih penasaran dan item yg udah mulai peka, akhirnya kita putusin buat cabut dari daerah itu. Jangan lu tanya si kucing masih ngintil apa gak, ni kucing masih ngintil juga tapi doi masih jaga jarak dan sering banget nengok ke belakang. Begitu gue keluar dari daerah LIPI, ni kucing udah gak ngedehem lagi tapi masih ngintilin gue ama item. Ni kucing ngintilin gue ama item sampe ke warung yg tadi gue istirahat, nah di situ tu kucing duduk slow sambil ngeliatin gue ama item yg terus jalan ngarah balik ke dermaga. Setelah perjalanan dari LIPI yg agak2 bikin bulu kuduk disko, akhirnya gue balik lagi ke pantai perwan buat ngobak di pantai haha.

view sore pas di pantai perawan

nunggu sunset

cieee yg pacaran, gak tau apa gue ama item fakir asmara -_____-

Setelah gue puas ngambil foto dan si item juga udah puas ngobak, kita mutusin buat merapat ke warung yg gak begitu jauh dari tenda. Nah di warung ini gue ketemu dengan bapak dan ibu yg gokil. Kegokilan gue dimulai setelah gue mesen es teh manis eh malah dibuatin teh panas manis haha. nah ibunya lebih gokil lagi, setelah gue ngobrol2 ternyata ini ibu asli org pulau pari dan doi kenal semua nahkoda kapal dan setiap tour guide yg ada di pulau pari. Gue percaya omongan si ibu ini orang yg femes di ni pulau soalnya tiap ada tour guide yg nganterin tamunya maen di pantai perawan pasti nongkrongnya di warung si ibu ini dan gue yg jadi pengunjung warung tersebut dapet efek positif dari ke femesan sang ibu, efeknya adalah gue jadi nambah temen ngobrol mulai dari tour guide sampe penjaga mck hahaha. Dan hebatnya lagi ni warung, harganya itu loh yg gak mahal, gue ama item makan nasgor+2 gelas teh anget manis cuma 16rb/org (nasgor 10rb/piring, teh anget manis 3rb/gelas). Berhubung ni ibu org asli pulau, akhirnya gue tanyai penasaran gue yg belom kelar tadi tentang tempat di ujung LIPI yg sepi banget itu, si ibu itu bilang "itu mah dermaga lama mas, dari jaman saya smp itu dermaga udah di tutup, saya aja yg org asli sini udah puluhan tahun gak kesana", yg bikin gue jiper ama omongannya si ibu adalah ekspresi mukanya itu loh yg kyk nyembunyiin sesuatu ama tu tempat, padahal gue udah berusaha mancing2 berhadiah eh tapi doi kekeh gak mau jawab, padahal juga gue udah ngomong ke ibu kalo gue ama item tadi jalan sampe sana. Oya gue lupa nulis nama si ibu, nama si ibu femes ini adalah ibu munah dan si bapak aka suami ibu munah ini bernama "maap saya lupa nama bapak" hehehe. Di warungnya bu munah, si item juga menunjukan jati dirinya sebagai anak disko jakarta, doi nunjukin dengan nyetel lagu2 dugem yg ada di hpnya, disambung ke speakernya bu munah dan gak lupa volumenya fulll sob haha. Jadi gue ngobrol sambil dengerin lagu dugem racikannya DJ ITEM hahaha.sekitar jam 9an, gue ama item pamit dari warungnya bu munah, soalnya selaen bu munah dan si bapak, udah gak ada org lagi dan gue ama item udah agak2 menunjukan tanda kalo mata kita udah mulai gak bisa di kontrol. Gak usah pada lu tanya kegiatan gue ama item pas nyampe tenda, gue sempet muter lagu "payung teduh" sambil dengerin item curhat eh baru payung teduh nyanyiin 5 lagu, gue sama item kembali sudah tidak sadarkan diri.

warungnya si ibu femes aka ibu munah

berasa pulau pribadi sob, kemana-mana gue cuma pake boxer ama kaos aja haha

si item sempet2nya minta fotoin samping baner -_____-

hening malam di tepi pantai

asli dah gue disini kayak paus terdampar di warung -____-

Mungkin segini dulu cerita yg gue bagiin, di cerita gue ama item di hari kedua lebih ekstrim lagi. di hari kedua nanti gue sama item nyaris keilangan nyawa, dan gue ama item juga harus lompatin laut kurang lebih 1 meter.

Sampe ketemu di lanjutannya hahaha.........